WORKSHOP MATRIKULASI GURU SD MATA PELAJARAN MATEMATIKA

   Pada tanggal 5-8 Agustus 2019 di Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta telah diadakannya Workshop Matrikulasi Matematika Guru SD Mata Pelajaran Matematika dengan narasumber kegiatan ini adalah Dr. Supinah dan Rumiati, M.Pd. P.Hd yang merupakan widyaiswara dari PPPPTK Matematika Yogyakarta, beliau berdua mengisi mengenai Bilangan Asli, Cacah, Bulat, Bilangan Pecah/Pecahan, Geometri, Pengukuran, Pengolahan Data.

    Keberhasilan sebuah pembelajaran tidak hanya di wujudkan dalam sebuah hasil prestasi siswa di sekolah, namun pembelajaran yang berhasil adalah pembelajaran yang mampu mengembangkan apa yang telah dipelajari di sekolah dan mengaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari.Pengertian belajar menurut Suherman et, al, (2001: 8) adalah Proses perubahan tingkah laku individu yang relatif tetap sebagai hasil dari pengalaman, sedangkan pembelajaran merupakan upaya penataan lingkungan yang memberi nuansa agar program belajar tumbuh dan berkembang secara optimal.

   Dengan demikian proses belajar bersifat internal dan unik dalam diri individu siswa sedangkan proses pembelajaran bersifat eksternal yang sengaja direncanakan dan bersifat rekayasa perilaku. Jadi pembelajaran matematika sekolah dasar adalah memahami dengan baik materi matematika yang akan diajarkan, memahami dan memanfaatkan dengan baik cara siswa belajar matematika yang efektif.