WORKSHOP ADAPTASI KURIKULUM UNTUK KKG SD KEC. KRATON

Tanggal 8 dan 20 Agustus 2019 merupakan hari yang bersejarah bagi KKG SD Kec. Kraton yang beranggotakan SDN Keputran A, SDN Keputran 1, SDN Keputran 2, SDN Panembahan dan SDN Kraton, kenapa demikian? Pasalnya pada hari itu mimpinya untuk mengadakan Workhsop Adaptasi Kurikulum ABK telah terwujud. Kegiatan tersebut merupakan pengimbasan atas kegiatan bertajuk Workshop Adaptasi Kurikulum ABK sebelumnya dilaksanakan tanggal 22 sd 23 Juli 2019 di Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta.

Permendiknas No : 70 tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif bagi Peserta Didik yang memiliki kelainan dan memiliki potensi kecerdasan dan/Bakat Istimewa, mewajibkan semua sekolah melaksanakan pendidikan inklusi. Hal ini didukung sistem PPDB yang mensyaratkan umur dan zonasi mengakibatkan sekolah harus menerima apa pun kondisi apapun siswa yang masuk.

Workshop ini terlaksana atas inisiatif dari KKG Kec. Kraton dan difasilitasi oleh UPT ULD Kota Yogyakarta, dengan narasumber pakar Prof.Dr. Asri C. Budiningsih,M.Pd dari UNY dan Dinar Westri Andini, M.Pd dari UST. Kegiatan tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan kompetensi guru dalam membuat kurikulum dan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan peserta didik yang beragam. Adapun materi workshop meliputi pre-tes, asesmen kesiapan belajar, interes/minat belajar dan gaya belajar anak.

Dengan dipandu oleh Prof.Dr. Asri C. Budiningsih,M.Pd dari UNY, M.Pd, peserta mempresentasikan hasil kegiatan yang diperoleh dari praktek menerapkan intrumen asesmen di sekolahnya masing masing, dengan penuh semangat. UPT ULD berharap kegiatan ini akan berlanjut untuk seluruh guru SD dan SMP di Kota Yogykara , di tahun mendatang. (*uld 03)