AKREDITASI PERPUSTAKAAN WIDYA PUSTAKA DINAS PENDIDIKAN

Perpustakaan Widya Pustaka adalah nama dari Perpustakaan Khusus Instansi milik Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, sebuah nama yang syarat makna ingin menjadi sebuah tempat untuk mendapatkan ilmu pengetahuan guna menunjang aktivitas pekerjaan pegawai di Lingkungan Dinas Pendidikan. Walaupun masih berumur jagung ibaratnya, Perpustakaan Widya Pustaka telah memperoleh kejuaraan Lomba Perpustakaan Khusus antar OPD di Lingkungan Kota Yogyakarta, tidak tanggung-tanggung pada Tahun 2018 dapat menyabet Juara 1 Tingkat Kota Yogyakarta.

Dalam rangka untuk mengetahui apakah Perpustakaan Widya Pustaka ini sudah sesuai dengan Standar Nasional atau belum, pada hari Kamis, 03 Oktober 2019 dilakukan Visitasi tim Akreditasi Nasional dari Perpustakaan Nasional RI yang melakukan asesment di Perpustakaan Widya Pustaka. Tim yang berjumlah 2 orang yakni Ibu Sri Sularsih, M.Si beliau adalah Kepala PERPUSNAS tahun 2012-2016 dan Ibu Nelwati, M.Si salah satu Pustakawan di Pusat Pengembangan di PNRI Jakarta. Tim bersama Pendamping dari Dinas Perpustakaan Kota Jogja terdiri dari Bpk. Wahyu Hendratmoko, MM, Bpk. Triyanta, MIP, Ibu Sri Anik, SIP dan Sd. Ismail Husain, A.Md diterima oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta di Ruang Condro Kinasih Dinas Pendidikan.

Setelah dilakukan seremonial Penerimaan dengan Penyampaian sambutan dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Dinas Perpustakaan, dalam sambutan bapak Budi panggilan akrab kepala Dinas Pendidik berharap memperoleh hasil yang maksimal proses akreditasi ini sehingga bisa menjadi rujukan bagi sekolah-sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan, senada pula yang disampaikan pak Wahyu Hendratmoko yang sangat berharap kepada Perpustakaan Dinas Pendidikan yang menjadi Role Model bagi perpustakaan khusus yang lain semoga Nilai Akreditasi mendapatkan yang terbaik. Setelah sambutan-sambutan acara dilanjutkan Presentasi Profil Perpustakaan Widya Pustaka Dinas Pendidikan yang disampaikan oleh Bpk. Arsidi, M.IP selaku Pustakawan, Secara sekilas ditampilkan dengan menggunakan power point yang menarik Profil Perpustakaan dengan urutan sesuai dengan Borang Akreditasi yang meliputi 6 Komponen secara berurutan. Setelah acara seremonial Kedua Tim melakukan Visitasi dan Asesment di Ruang Perpustakaan.

Tim Asessor menyampaikan bahwa Tujuan Adanya Akreditasi ini adalah untuk memberikan kepastian kepada pengguna perpustakaan akan kepastian layanan perpustakaan Widya Pustaka, "apapun hasilnya itu adalah harapan masyarakat pemakai" (Ars)