PELUNCURAN PELAKSANAAN PANCA KARAKTER

Mengawali acara webinar yang diselenggarakan pada Rabu, 02 Juni 2021 yang bertempat di Aula Bima Komplek Balaikota Yogyakarta ditayangkan video persiapan Pembelajaran Tatap muka dan video sambutan bapak Walikota Yogyakarta Bapak Haryadi Suyuti yang menyampaikan tentang begitu pentingnya kualitas pendidikan penanaman karakter bagi peserta didik selain kemampuan akademik untuk anak anak kita sebagai generasi penerus bangsa yang akan menjadi bekal hidup di masyarakat pada masa kini  dan  masa depan.

Sebagai bentuk komitmen bersama di Hari Ulang Tahun  ke- 74 Pemerintah Kota Yogyakarta juga sebagai wujud keseriusan insan Pelaku Pendidikan di Kota Yogyakarta dalam rangka meningkatkan kualitas  pendidikan dengan membekali peserta didik agar memiliki karakter yg baik, dilaksanakan Launching " Pelaksanaan Gerakan Panca Karakter" yg ditandai dengan Penandatanganan komitmen bersama oleh para pemangku kepentingan Di Bidang Pendidikan di Kota Yogyakarta.

Penandatangan Komitmen Bersama "Pelaksanaan Gerakan Panca Karakter"

Yg pertama  dilakukan oleh Ketua IGTKI PGRI Kota Yogyakarta - kepada ibu Titi Nugraini, S.Pd , Penandatanganan kedua  dilakukan oleh Bapak Muhammad Yuferi, S.Pd Ketua K3 SD, Yg ketiga kepada bapak Widayat Umar,S.PD, M.Pd ketua K3SMP,  ke empat kepada Bapak ir. Eko Ratmoko ketua Forum PKBM Kota Yogyakarta, kemudian bapak Kadinas pendidikan pemuda dan olahraga Bapak Budi Santosa Asrori, SE. M.Si , Serta sebagai Saksi adalah Bapak Wakil Walikota Yogyakartaturut serta menandatangani Naskah Komitmen Pelaksanaan Gerakan Panca Karakter.

Panca karakter adalah 5 karakter yang harus dimiliki dan tertanam dalam diri:

1. Religius

2. Nasionalis

3. Mandiri

4. Gotong Royong

5. Integritas

Panca karakter dalam kehidupan tersebut memang harus ditanamkan sejak dini. Kita bisa membantu memperkuat pemahaman dan karakter anak didik kita terkait panca karakter tersebut, dimulai dari rumah. Dengan begitu sekolah bisa bersinergi menciptakan generasi masa depan yang lebih baik lagi.

Setelah selesai penandatanganan Komitmen bersama dilanjutkan Webinar dengan tema " Pelaksanaan Pendidikan Karakter melalui  Pembelajaran Tatap Muka di Masa Pandemi"  yg mengupas tuntas tentang 5 karakter yg menjadi target dari Pembelajaran di masa pendemi, yang dimoderatori oleh Ibu Ulva Dian Citra Resmi, S.Pd, SD dengan pemateri Bapak Wakil Walikota, Bapak Kepala Dinas Dikpora dan Ibu Kepala SMPN 8 Yogyakarta. ( Ars)