SOSIALISASI PERWAL TENTANG PROGRAM PENDIDIKAN PAUD 1 TAHUN PRA SD

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan pendidikan yang diperlukan anak untuk mulai pendidikan penanaman karakter melalui kegiatan pembelajaran melalui bermain, bernyanyi dan bercerita. Dalam sambutan pembukaan Bpk. Ir. Aman Yuriadijaya dalam kesempatan menjadi Keynote Speak dalam acara Sosialisasi Perwal No. 75 Tahun 2021 Tentang Program PAUD 1 Tahun Pra SD menyampaikan "Pemerintah memandang pentingnya pendidikan usia dini sebagai titik sentral untuk membangun pondasi dasar kepribadian anak, demi menjadi manusia yang beradab di masa mendatang, oleh karena itu dibutuhkan komitmen kita untuk memenuhi SPM terhadap pelayanan PAUD di Kota Yogyakarta, kemudian dibutuhkan peran dari semua pihak untuk bersama-sama mengembangkan pendidikan PAUD sebagai agen pembentukan budaya atau karakter anak sejak dini" papar Sekda Kota Yogyakarta.

Acara yang dilaksanakan secara Hibryd perpaduan antara luring dan daring yang diikuti oleh 106 peserta yang terdiri dari 35 orang di Wisma Sargede Yogyakarta yang mengikuti secara luring dan 71 orang secara Daring melaui zoom meeting, peserta Sosialisasi berasal dari berbagai macam unsur diantaranya OPD terkait di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta, Kemenang, Dewan Pendidikan. IGTKI, Pokja PAUD, Kemantren, Penilik, Pengawas TK, Pejabat Struktural, Komite Sekolah dan beberapa staf Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga.

Dalam kesempatan tersebut Bpk. Dedi Budiono, M.Pd selaku Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta yang menjadi Narasumber kegiatan tersebut menyampaikan secara lengkap dari pasal 1 sampai pasal 16 isi dari Perwal No. 75 Tahun 2021 yang sudah disahkan beberapa hari sebelumnya. Dalam esempatan tersebut juga dibuka sesi tanya jawab secara langsung maupun kesempatan bagi peserta yang mengikut secara virtual.

Dalam sambutannya selaku panitia Bpk. Fajar Afrian, SE, M.Ec.Dev menyampaikan bahwa "Kegiatan ini berawal dari amanah konstitusi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bahwa di tiap daerah harus ada SPM tentang Pendidikan PAUD 1 Tahun Pra SD, sehingga kami diberikan mandat untuk mengawal pembentukan Perwal ini melalui beberapa tahab dan proses hingga akhirnya menjadi Kebijakan di tingkat Kota Yogyakarta dengan terbitnya Perwal ini, semoga ini menjadi satu langkah maju untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan di Kota Yogyakarta." tegas Kasubbag Keuangan sekaligus Sekretaris Panitia. (Ars)