Mantapkan Pendidikan Inklusi, ULD Gelar Rakor dan Halal Bihalal Bersama GPK

Yogyakarta - UPT Layanan Disabilitas (ULD) Bidang Pendidikan Kota Yogyakarta menyelenggarakan rapat koordinasi bersama Guru Pendamping Khusus (GPK) di Ruang Rapat Truntum dan Bribil Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Jumat, 27 Mei 2022. Kegiatan ini dilaksanakan sekaligus sebagai halal bihalal antara UPT Layanan Disabilitas dan GPK Kota Yogyakarta.

“Agar ULD dan GPK semakin mantap dan semakin kompak dalam menjalankan serta memberikan pendidikan inklusi yang berkualitas,” ucap Kepala ULD Drs. Aris Widodo, M.Pd., Jumat, 27 Mei 2022.

Agenda rapat koordinasi dan halal bihalal ini dimulai pada pukul 12.30 WIB dan berakhir 14.30 WIB. Setelah peserta menandatangani daftar hadir dan mendapatkan konsumsi, acara kemudian dibuka oleh Kepala Tata Usaha ULD Dian Yunila Handayani, S.E., dengan memberikan kata sambutan dan ucapan selamat datang. Acara selanjutnya diisi oleh Staf ULD, Mustajab, S.Ag., sebagai pemandu materi. Mustajab memberikan beberapa materi ceramah antara lain yakni bagaimana bersyukur menjadi GPK yang mana memiliki amanah unutk menjalankan pendidikan inklusi yang berkualitas.

Secara keseluruhan, agenda rapat koordinasi dan halal bihalal ini berjalan lancar. Para peserta yakni anggota ULD dan GPK Kota Yogyakarta juga terlihat santai serta banyak tertawa ketika mendengarkan materi-materi lucu dari para pembicara. Acara kemudian ditutup dengan beberapa patah kata oleh Aris Widodo dan setelahnya para peserta meninggalkan ruangan.

UPT Layanan Disabilitas Bidang Pendidikan dan GPK merupakan penggerak utama pendidikan inklusi di Kota Yogyakarta. Penyelenggaraan pendidikan inklusi saat ini semakin ditingkatkan dari sisi pelayanan dan fasilitasnya yang bertujuan agar pendidikan inklusi semakin berkualitas.

Saat ini, ULD juga tengah berada dalam kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Afirmasi Penyandang Disabilitas 2022. PPDB Afirmasi Penyandang Disabilitas ini dilaksanakan pada akhir Mei sampai pertengahan Juni dengan alur dan waktu pendaftaran yang berbeda-beda di setiap tingkatan pendidikan yakni Taman Kanakkanak (TK), Sekolah Dasar (SD), serta Sekolah Menengah Pertama (SMP). Keterangan lebih lanjut tentang PPDB Afirmasi Penyandang Disabilitas 2022 dapat dilihat langsung di akun media sosial Intagram ULD yakni @uld.kotajogja.

Syafiul Hadi ULD