ULD: PPDB Afirmasi Disabilitas TK Negeri Nihil, Tak Ada Pendaftar

Yogyakarta – Kepala UPT Layanan Disabilitas (ULD) Bidang Pendidikan Kota Yogyakarta Drs. Aris Widodo, M.Pd., mengatakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Afirmasi Disabilitas 2022 tingkat TK tidak memiliki pendaftar. Hal ini diumumkan setelah tidak adanya calon pendaftar yang memasukan berkas ke ULD.

“Untuk tingkat TK negeri nihil, tidak ada yang mendaftar lewat ULD,” ucap Aris di kantor ULD, Mergangsan, Yogyakarta, Kamis, 2 Juni 2022.

PPDB Afirmasi Disabilitas 2022 tingkat TK telah dibuka pada 30-31 Mei 2022 dan diumumkan pada hari ini. Peserta pendaftar wajib memenuhi persyaratan yakni warga Kota Yogyakarta, memiliki hasil asesmen atau surat keterangan dokter yang menyatakan disabilitas, serta syarat batasan umur tertentu. Proses seleksi dilakukan ULD dengan memperhatikan tiga hal yakni jenis disabilitas calon peserta didik baru, lokasi calon peserta didik, serta potensi sekolah yang akan dituju.

Aris mengatakan sejauh ini hanya ada satu wali dan calon murid yang datang menanyakan PPDB disabilitas ini. Namun, kata dia, wali dan calon murid tersebut hanya sampai di tahap informasi karena hasil asesmen menunjukkan disabilitas mental berat plus epilepsi. “Kami sarankan untuk dirujuk, karena selain disabilitas mental juga ada gejala klinis dan pasti butuh penanganan spesifik. Orang tua menerima dengan ikhlas,” ujar Aris.

Menurut Aris, selama ini UPT Layanan Disabilitas Bidang Pendidikan telah menyosialisasikan PPDB Afirmasi Disabilitas ke masyarakat. Salah satunya, sosialisasi dilakukan melalui siaran di enam radio lokal di Kota Yogyakarta. “Dari Dindikpora juga telah menyosialisasikan lewat kelurahan-kelurahan di Yogyakarta,” kata Aris.

PPDB Jalur Afirmasi Disabilitas 2022 di Kota Yogyakarta dibuka untuk tingkat TK, SD, dan SMP. Untuk tingkat TK, pendaftaran dibuka pada 30-31 Mei 2022 dan pengumuman pada 2 Juni 2022. Di tingkat SD, pendaftaran dibuka mulai 6-8 Juni 2022 dan pengumuman pada 9 Juni 2022. Adapun, pendaftaran pada tingkat SMP dibuka mulai 10-13 Juni 2022 dan pengumuman pada 16 Juni 2022. Info lebih lanjut mengenai PPDB Afirmasi Disabilitas dapat dilihat di akun Instagram @uld.kotajogja.

Syafiul Hadi ULD