Komunitas Belajar , Ajang Berbagi Praktik Baik dengan Rekan Sejawat

Yogyakarta- Komunitas Belajar merupakan salah satu strategi Kemdikbudristek dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).  Komunitas Belajar berperan  untuk memfasilitasi belajar bersama tentang Kurikulum Merdeka, memfasilitasi diskusi untuk memecahkan masalah seputar Kurikulum Merdeka, memfasilitasi proses berbagi praktik baik dengan rekan sejawat tentang implementasi Kurikulum Merdeka, dan memfasilitasi refleksi pembelajaran rekan sejawat. Kelompok Kerja Guru (KKG) Kelas Bawah merupakan Komunitas Belajar yang beranggotakan guru kelas I, II, dan III Sekolah Dasar di wilayah Kemantren Umbulharjo Kota Yogyakarta DIY.

KKG Kelas Bawah Kemantren Umbulharjo mengadakan pertemuan pada hari Kamis, 11 Agustus 2022 di SD Negeri Mendungan 2 Yogyakarta. Pertemuan dimulai pukul 13.00 s.d. 15.00 WIB. Pertemuan diawali dengan pembinaan dan pengarahan tentang Strategi Pencapaian Implementasi Kurikulum Merdeka pada Satuan Pendidikan oleh Pengawas Pembina Kemantren Umbulharjo, Purwati Handayani, M.Pd.  Pada pertemuan tersebut, dua guru kelas I berbagi praktik baik kepada peserta yang lainnya. Christina Suparti, S.Pd. Guru Kelas I SDK Sang Timur  berbagi praktik baik tentang penggunaan media ajar yang murah meriah yaitu pemanfaatan lagu-lagu sederhana ciptaan sendiri yang berisi materi pembelajaran. Lagu tersebut untuk membedakan nama bilangan dan lambang bilangan serta nilai tempat pada pelajaran Matematika kelas I SD.

Pudji Astuti, S.Pd.  Guru Kelas I SDIT Al Khairaat mempersembahkan dua buku hasil belajar menulis. Buku pertama berupa buku kumpulan cerita anak penggugah karakter baik dengan judul Goresan Luka Menghantarkanku Meraih Bintang. Hadirnya buku kumpulan cerita anak ini diharapkan menjadi salah satu pendekatan langsung kepada peserta didik untuk menanamkan nilai moral dan memberikan pelajaran mengenai pengetahuan  moral dalam upaya mencegah perilaku yang dilarang. Buku kedua berupa ragam media pembelajaran inspiratif untuk diaplikasikan di dalam kelas dengan judul Asik Belajar Bersama Guru Kreatif yang ditulis bersama lima guru kreatif yang tergabung dalam Pengurus Komunitas Media Pembelajaran (KOMED).

Berbagi praktik baik pembelajaran dalam komunitas belajar menjadi salah satu upaya nyata yang harus dilakukan guru untuk meningkatkan kompetensinya. Yaitu dengan berbagi pengalaman keberhasilan praktik pembelajaran yang sudah dilakukan baik secara daring maupun tatap muka. Berbagi praktik baik dapat menginspirasi para guru sebagai bentuk solusi terhadap masalah serupa yang dihadapi. Informasi yang diberikan guru dalam berbagi praktik baik sangat runtut sehingga memberikan pemahaman dan kemudahan. (Purwati H)