Bimtek Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka

Yogyakarta- Enam strategi Kemdikbudristek dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) adalah Platform Merdeka Mengajar, Seri Webinar, Komunitas Belajar, Nara Sumber Praktik Baik, Help Desk dan Mitra Pembangunan.

PKG Kemantren Gedongtengen dan Kemantren Kraton yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta mengadakan BIMTEK Penyusunan KOSP dan IKM selama 4 hari yaitu tanggal 15, 16, 18, 19 Agustus 2022. Acara tersebut dibuka oleh Bapak Drs. Raden Mas Budi Santoso selaku Kepala Bidang Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Anak Usia Dini  yang dilanjutkan dengan materi Kebijakan Kurikulum Merdeka.

Adapun materi yang kedua pada hari pertama adalah pemanfaatan platform merdeka mengajar yang disampaikan oleh pengawas TK Kemantren Gedongtengen dan Kraton ibu Erma Darmayanti, S.Pd. Beliau menyampaikan bahwa plaform Merdeka Mengajar merupakan salah satunya strategi yang digunakan dalam IKM, Platfom Merdeka Mengajar adalah wadah dimana guru dan kepala Satuan Pendidikan dapat mempelajari bagaimana memahami kurikulum merdeka dengan cara mengakses pelatihan mandiri, mengakses perangkat ajar, dokumen kurikulum merdeka, assesmen murid dan praktik baik. Melalui Platform merdeka mengajar dapat mengakses pelatihan yang sama dengan kualitas sama pula untuk semua guru di seluruh Indonesia, dikatakan pula bahwa dengan  platform Merdeka Mengajar, guru dapat saling berbagi praktik baik dan saling menginspirasi di platform yang sama, saling berjejaring, dokumen ter update bahkan dapat  belajar sesuai dengan kecepatan dan kemampuan masing masing. Kegiatan yang dilaksanakan 4 hari ini diharapkan menghasilkan produk kurikulum merdeka dan dapat meningkatkan mutu dan kualitas pembelajaran peserta didiknya. Pada kegiatan ini guru guru diajak untuk mencoba masuk di platform Merdeka Mengajar kemudian menjelajahi berbagai menu yang terdapat pada PMM tersebut. Adapun menu tersebut adalah menu tentang kurikulum merdeka, menu pelatihan mandiri, menu perangkat ajar, menu assesmen murid, menu bukti karya, dan menu komunitas.

Pada menu pelatihan mandiri pengawas juga mengajak membuka dan mengulas tentang topik yang ada yaitu topik merdeka mengajar, topik kurikulum merdeka, topik perencanaan pembelajaran, topik assesmen, topik penyesuaian pembelajaran dengan karakteristik peserta didik, topik profil pelajar Pancasila, topik penguatan profil pelajar Pancasila dan topik disiplin positif. Untuk target belajar mandiri menggunakan platform merdeka mengajar di  Kemantren Kraton dan Gedongtengen adalah adanya progress per topik dalam pelatihan mandiri di PMM, dari memulai membuka PMM, menonton video, submit refleksi, mulai postes, lulus pos tes, submid aksi nyata dan lulus topik yang terdiri dari 8 topik tersebut dan hasilnya paham apa isi 8 topik tersebut. Pengawas TK Kemantren Kraton dan Gedongtengen menambahkan apa yang menjadi pesan Menteri Pendidikan, Nadien Makarim (2020)”Untuk berinovasi warga sekolah dan stakeholder pendidikan perlu melakukan proses  banyak tanya, banyak coba dan banyak karya. (Erma Darmayanti)