Asyiknya Jelajah Museum

Yogyakarta – Seksi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Kota Yogyakarta mengadakan kegiatan Jelajah Museum Angkatan 1 bagi siswa-siswi di Taman Kanak-kanak (TK) Negeri 4 Yogyakarta dan TK Negeri 7 Yogyakarta pada Tanggal 16 Agustus 2022 di Monumen Jogja Kembali dan Museum Dirgantara. Tujuannya adalah penguatan profil Pelajar Pancasila dengan tema Aku Cinta Indonesia, pengenalan transportasi udara, meningkatkan rasa sosialisasi antar anak-anak dan menambah pengetahuan dan informasi serta meningkatkan rasa nasionalisme dan kebangsaan pada siswa-siswi Taman Kanak-kanak.

Kegiatan Jelajah Museum tahun ini diadakan untuk 11 Taman Kanak-kanak (TK) Negeri dan 1 TK Swasta yang ada di Kota Yogyakarta yang akan dibagi 7 angkatan dengan jumlah total peserta per angkatan yang mengikuti kegiatan ini adalah 132 orang, dengan jadwal jelajah museum sebagai berikut :

  1. Selasa, 16 Agustus 2022 : TK Negeri 4 Yogyakarta dan TK Negeri 7 Yogyakarta
  2. Kamis, 18 Agustus 2022 : TK Negeri 5 Yogyakarta dan TK Negeri 9 Yogyakarta
  3. Selasa, 23 Agustus 2022 : TK Negeri 2 Yogyakarta
  4. Rabu, 24 Agustus 2022 : TK Negeri 2 Yogyakarta, TK Negeri 10 dan TK Pamardisiwi Dipowinatan
  5. Selasa, 6 September 2022 : TK Negeri Pembina
  6. Rabu, 7 September 2022 : TK Negeri 3 Yogyakarta dan TK Negeri 6 Yogyakarta
  7. Kamis, 8 September 2022 : TK Negeri 8 Yogyakarta dan TK Negeri 11 Yogyakarta

Sehingga total seluruh peserta kegiatan Jelajah Museum ini yaitu 924 orang.

TK Negeri 7 Yogyakarta

Kepala Bidang Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Anak Usia Dini (Kabid Dikmas dan PAUD), Bapak Drs. RM. Budi Santoso, mengungkapkan bahwa kegiatan ini menjadi salah satu bentuk penanaman karakter anak tentang perjuangan dan persatuan.

Melihat dan mengamati serta belajar dari berbagai bentuk miniatur, replika, kendaraan, senjata api, senjata tradisional, patung peraga, relief, diorama dan koleksi pesawat membuat semua peserta mengikuti kegiatan ini dengan penuh antusias dan bahagia.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat sekali menjadikan anak-anak tambah wawasan dan tambah ilmunya, dengan anak-anak diajak ke museum, anak-anak jadi tahu perjuangan para pahlawan jaman dahulu. Dan anak-anak pun sangat senang.”, ungkap Ibu Siti Ahbaniyati, S.Pd.AUD selaku kepala sekolah TK Negeri 4 Yogyakarta yang siswa-siswinya mengikuti kegiatan Jelajah Museum, Selasa (16/8). (Nia)