PAUD di Kota Yogyakarta, Kembangkan Jiwa Nasionalisme pada Peserta Didik

Yogyakarta – Perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 menjadi momentum bagi satuan pendidikan untuk mengembangkan sikap nasionalisme. Tak terkecuali PAUD HSPG Yogyakarta, salah satu PAUD Binaan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga yang juga dikenal dengan nama HSPG Lit’ School menyelenggarakan program untuk menumbuhkan rasa nasionalisme sedari dini. Pengembangan sikap nasionalisme ini dilakukan melalui berbagai kegiatan pembelajaran kolaboratif dengan melibatkan orang tua dengan tema “Indonesia Tanah Air Beta”.

Kegiatan pembelajaran yang dimulai pada minggu pertama Agustus mengajak anak-anak untuk mengenal pahlawan Indonesia melalui permainan kartu bergambar, mengenal budaya Indonesia khususnya Yogyakarta dan mengenalkan permainan tradisional khas semarak 17an. Kegiatan pembelajaran ini diakhiri dengan puncak tema perayaan dan perlombaan 17 Agustus yang diikuti oleh anak dan orang tua pada tanggal 20 Agustus yang bertempat bertempat di Jl. Sekar Dwijan N0. 16B, Klitren, kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta. Meitha Rizky, S.Psi selaku koordinator PAUD HSPG Yogyakarta mengatakan, “tujuan pelibatan orang tua diharapkan mampu mempererat hubungan anak dan orang tua khususnya terkait tumbuh kembang anak”.

Puncak kegiatan pembelajaran dikemas melalui berbagai kegiatan perlombaan 17an dengan tujuan yang telah disesuaikan dengan capaian pembelajaran. Kegiatan perlombaan terdiri dari lomba memindahkan bendera dengan tujuan mengasah gerak kinestetik dan mengenalkan warna bendera Indonesia pada anak, lomba transfer air menggunakan spons yang bertujuan melatih koordinasi mata dan tangan serta melatih kekompakan orang tua dan anak, lomba goyang bola bertujuan melatih motorik kasar pada anak, lomba sendok cokelat melatih keseimbangan dalam berjalan anak dan lomba menghias tumpeng yang bertujuan untuk melatih kreativitas anak dan membangun kedekatan emosi positif dalam proses tumbuh kembang anak.

Komitmen PAUD HSPG lit’ School dengan pendekatan pembelajaran bermain yang menyenangkan dalam tema kemerdekaan memberikan dampak pada tumbuhnya kreativitas anak, munculnya emosi positif dan terpupuknya jiwa nasionalisme. (pakkar)