Jalan - Jalan Sehat Merapat ke SD Terdekat

Yogyakarta – Pada hari jumat pagi ini (16/9) seluruh pegawai Bidang Pembinaan SD yang berjumlah 20 orang mengisi waktu dengan jalan sehat. Kepala Bidang Pembinaan SD menjelaskan bahwa “ hal seperti ini baik dilakukan untuk meningkatkan kebugaran tubuh dan menumbuhkan semangat kebersamaan, serta yang lebih kuat melekat yaitu tanggungjawab ketugasan pegawai untuk memastikan kondisi lingkungan sekolah dengan melihat secara langsung sekaligus memberikan arahan yang baik kepada sekolah” kata Mujino.

Sebagai komandan utama, Mujino menguraikan beberapa titik sekolah dasar yang rencana  sebagai tujuan agenda jalan sehat ini. Langkah pertama dimulai menuju ke SD Negeri Tukangan, selanjutnya ke SD Negeri Puropakualaman dan dilanjutkan ke SD Negeri Sayidan. Jalur yang dilalui oleh pegawai Bidang Pembinaan SD cukup melintasi jalan dan gang di dalam area perumahan masyarakat. Ini dilakukan untuk menghindari riuh ramai kendaraan bermotor sekaligus mendapatkan suasana teduh  dan segarnya udara pagi dibawah rindangnya pepohonan.

SD Negeri Tukangan menjadi tempat tinjauan pertama. Sekolah ini terletak di Jl. Suryopranoto No.59, Gunungketur, Pakualaman, Kota Yogyakarta. Hal menarik pertama ketika masuk gerbang sekolah, pengunjung dihadapkan langsung tempat parkir kendaraan yang berada di teras gedung sekolah. Sementara barisan kendaraaan bermotor guru dan karyawan terparkir di teras gedung sekolah, beberapa sarana sekolah tampak kurang tertata dengan rapi. Sebenarnya lingkungan tampak cukup asri dengan tanaman hias dan tanaman obat, akan tetapi ada beberapa pot yang tanamannya kering. Hal seperti ini perlu komitmen dari kepala sekolah, guru maupun karyawan dan peserta didik untuk lebih memperhatikan kerapian dan kebersihan lingkungan sekolah.

SD Negeri Puropakualaman sebagai lokasi tujuan kedua. Sekolah ini terletak di Jl. Harjowinatan No.14, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta. Sekolah ini  tidak berada di tepi jalan raya seperti sekolah sebelumnya, namun  masuk ke dalam sekitar lingkungan tempat tinggal masyarakat. Lingkungan sekolah cukup tenang dan nyaman, meskipun demikian kebersihan lingkungan perlu dijaga dengan baik sehingga meja, kursi dan lantai tidak kotor berdebu. Hal ini penting karena kebersihan sekolah merupakan pangkal utama dari kesehatan seluruh warga sekolah.

Selanjutnya SD Negeri Sayidan adalah tujuan terakhir dari agenda jalan sehat ini. Sekolah yang terletak di Jl. Brigjen Katamso No.38, Prawirodirjan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta hampir sama dengan sekolah sebelumnya berada di sekitar dalam lingkungan tempat warga masyarakat. Melihat kondisi di lingkungan sekolah ini, ada beberapa sarana sekolah berupa meja yang hanya diletakkan di luar ruangan sehingga rawan terkena air hujan dan akhirnya rusak. Sebaiknya kepala sekolah, guru dan karyawan mengatur jadwal kerja bakti untuk memastikan lingkungan sekolah bersih dan rapi satu minggu sekali, sehingga peralatan dan sarana sekolah juga terawat dengan baik.  

Kondisi lingkungan sekolah yang bersih, rapi dan sehat akan menciptakan warga sekolah yang sehat pula. Peralatan dan sarana sekolah yang ditata dengan rapi pada tempatnya menampilkan sekolah yang siap memberikan layanan pendidikan yang nyaman untuk masyarakat. Mari sekolah negeri maupun swasta di Kota Yogyakarta bersama sama meningkatkan kepercayaan masyarakat dan memberikan layanan prima, baik dalam hal penerapan kurikulum, pengembangan kesiswaan maupun fasilitas sarana dan prasarana pendukung belajar. ( NFA)