Survei ke Bandung, ULD Segera Tambah Stok Alat Tes Psikologis

Yogyakarta – UPT Layanan Disabilitas (ULD) Bidang Pendidikan dan Resource Center melaksanakan survei dan pembelian alat tes psikologis di Bandung, Jawa Barat. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka penambahan stok alat tes psikologis untuk keperluan asesmen Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

Kepala ULD Drs. Aris Widodo, M.Pd., mengatakan agenda survei dan pembelian ini guna memenuhi alat tes yang dibutuhkan oleh psikolog untuk melayani Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). “Diperlukan untuk memenuhi alat tes kita secara permanen sampai kapanpun,” ucap Aris di kantor ULD, Mergangsan, Yogyakarta Selasa, 20 September 2022.

Survei dan pembelian alat tes psikologis ini dilakukan pada 14-16 September 2022 oleh tim ULD yang berisikan 4 orang. ULD mengunjungi dua biro yang menjadi vendor penyedia alat tes psikologis. Kedua vendor tersebut yakni Biro Psikologi Persona dan Arcadia Psychological Works yang terletak di Kota Bandung, Jawa Barat.

Dari vendor pertama, Biro Psikologi Persona, ULD membeli 12 set alat tes Binet dan 7 set alat tes Wechsler Intelligence Scale for Children (WISC). Adapun, di Arcadia Psychological Works, ULD memborong lebih banyak alat tes yakni 30 set Standard Progressive Matrices (SPM), 30 set Colours Progressive Matrices (CPM), 30 set masing-masing untuk Culture Fair Intelligence Test (CFIT) skala 2A dan skala 2B, 10 buah masing-masing untuk buku norma CFIT skala 2 dan skala 3, serta 5 buah buku manual Frostig.

Kantor Biro Psikologi Persona di Surapati Core Blok M. 21, Jalan Phh. Mustofa No.39, Cibeunying Kidul, Bandung, Jawa Barat

Pembelian alat tes ini juga ditujukan dalam rangka asesmen massal pada Oktober mendatang. ULD akan melaksanakan asesmen psikologis terhadap 200 siswa SD dan SMP di Kota Yogyakarta yang menjadi kegiatan rutin tahunan, bekerja sama dengan Pusat Psikologi Terapan (PPT) Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta.

Aris menuturkan asesmen massal pada Oktober nantinya akan menjadi kali pertama alat tes baru ini digunakan. ULD, kata Aris, memang mempersiapkan stok terbaru alat tes salah satunya untuk kegiatan ini. “Karena memang ada asesmen massal ini, kami bergerak cepat, membeli, untuk memenuhi kebutuhan,” kata dia.

Menurut Aris, ULD memang sangat berfokus pada pemenuhan alat tes psikologis. Selanjutnya, ULD juga akan memenuhi kebutuhan alat terapis anak berkebutuhan khusus (ABK). “Sehingga nanti layanan kami tidak hanya asesmen, tapi termasuk juga terapi. Alatnya apa saja nanti kami siapkan,” tutur dia.

Syafiul Hadi