Windi dari SMPN 5 Sukses Bawa Pulang Medali Perak Melalui Kuliner Indonesia

Dalam sebuah karya seni, keindahan merupakan sebuah kualitas yang harus dipenuhi. Bukan hanya keindahan yang ditangkap oleh indrawi saja, melainkan juga keindahan ide pokok, gagasan, dan cara menyampaikan makna dan manila karya tersebut.

Begitu juga dengan desain poster yang merupakan bagian dari karya seni grafis. Dalam desain poster memuat komposisi/layout gambar dan tipografi di dalamnya. Selain itu, dalam desain poster juga memuat gaya, aliran, dan tren tersendiri yang tidak lepas dari penguasaan teknologi dan gaya hidup dari suatu zaman.

Banyaknya desain poster karya anak bangsa yang tersebar di berbagai media menginspirasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk mengapresiasi karya-karya tersebut. Melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kemendikbudristek menyelenggarakan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) sebagai wadah untuk mengembangkan minat dan bakat anak bangsa. Lomba FLS2N ini dilaksanakan mulai dari tingkat kota/kabupaten hingga nasional dan diikuti oleh seluruh pelajar SD hingga SMA melalui seleksi ketat. Pada cabang Lomba Desain Poster tahun 2022 ini tema yang diusung adalah Destinasi Wisata Kuliner Indonesia.

Tahun ini, Almira Windia Ainurrohmah Sayekti atau biasa disapa Windi berhasil membawa nama besar SMP Negeri 5 Yogyakarta ke FLSSN tingkat nasional dalam cabang Desain Poster setelah sebelumnya berhasil menduduki juara 1 di tingkat Kota Yogyakarta pada 14 Juli 2022 lalu. Untuk mempersiapkan diri di jenjang nasional, siswi yang hobi menggambar dan melukis ini harus berlatih minimal 4 jam setiap hari dengan bimbingan Bapak Rizqie Dwi Ardhianto, S.Pd. agar menghasilkan karya yang menarik. Tak ada usaha yang sia-sia. Berkat usaha keras dan doa dari semua pihak, Windi sukses melenggang di tingkat nasional dan membawa pulang Medali Perak pada 16 September 2022 lalu. Melalui karya yang berjudul “Gastronomi Nusantara Identitas Kuliner Kita”, Windi ingin menyampaikan pesan bahwa kuliner bukan hanya soal rasa melainkan juga filosofi nilai dan pengolahan sekaligus penyajian kuliner bukan hanya untuk nutrisi tubuh atau cita rasa lidah, tetapi juga bagaimana kuliner ini mencerminkan filosofi nilai ke-Indonesia-an, ke-Nusantara-an: identitas kebinekaan.

Dengan perolehan prestasi tersebut, Windi berhasil menambah deretan prestasi SMP Negeri 5 Yogyakarta di tingkat nasional. Hal ini tentu membanggakan semua pihak, terutama keluarga besar SMP Negeri 5 Yogyakarta (AW)