ULD Wonosobo Kunjungi ULD Yogyakarta, Diskusi Tentang Inklusi

Yogyakarta – UPT Layanan Disabilitas (ULD) Bidang Pendidikan dan Resource Center Kota Yogyakarta menerima kunjungan dari ULD Kabupaten Wonosobo. Pertemuan dua unit khusus ini dalam rangka diskusi dan sharing terkait layanan disabilitas bidang pendidikan.

Kepala ULD Kota Yogyakarta Drs. Aris Widodo, M.Pd., mengatakan menerima dengan senang hati agenda kunjungan ULD Wonosobo. Menurut dia, sebagai dua unit khusus yang bergerak dalam bidang yang sama, kegiatan seperti ini sangat penting dilakukan.

“Saya sangat senang sekali ULD Wonosobo berkunjung. Saya yakin dalam waktu dekat ULD Wonosobo bisa melalukan sesuatu yang luar biasa,” tutur Aris dalam sambutannya, Selasa, 4 Oktober 2022.

Diskusi dan sharing session ini berlangsung selama kurang lebih tiga jam. Diskusi antara lain membahas tentang bagaimana layanan asesmen, layanan psikolog, serta hal-hal yang dilakukan ULD Kota Yogyakarta selama menjalankan layanan disabilitas pendidikan selama kurang lebih tujuh tahun terakhir.

Dosen Prodi Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Dr. Sukinah, M.Pd., yang turut hadir dalam agenda ini, mengatakan ULD Kota Yogyakarta juga bekerja sama kerap bekerja sama dengan PLB UNY. Menurut dia, ULD Kota Yogyakarta selalu berkonsultasi dalam beberapa hal terkait pendidikan inklusi.

“Kami melakukan koordinasi dan penguatan bersama ULD seperti tentang Guru Pendamping Khusus (GPK) di sekolah-sekolah,” ucap Sukinah.

Adapun, Kepala ULD Wonosobo Lintang Esti Pramanasari, S.Psi., M.AP., M.Sc., mengapresiasi diskusi dan pertemuan ini. Dia mengatakan banyak ilmu dan materi yang didapatkan untuk diadaptasi oleh ULD Wonosobo.

“Kami mohon dukungan teman-teman ULD Yogyakarta agar dapat terus berjalan. Kami ingin seperti ULD Jogja ini,” tutur dia.

ULD Wonosobo baru diresmikan pada 1 September 2022. ULD menjadi unit baru yang membidangi layanan disabilitas pendidikan di bawah Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Wonosobo.

Syafiul Hadi