Kunjungi Dindikpora, Ombudsman RI Apresiasi Pelayanan ULD

Yogyakarta – Ombudsman Republik Indonesia mengapresiasi kerja UPT Layanan Disabilitas (ULD) Bidang Pendidikan dan Resource Center yang bernaung di bawah Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta. Bagian Pencegahan Maladministrasi Ombudsman RI, Asmi, mengatakan layanan yang dilaksanakan ULD sangat membantu Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) memperoleh akses pendidikan layak.

“Kami takjub dan haru, saya pribadi, dengan apa yang Bapak dan Ibu lakukan,” ucap Asmi di Ruang Wahyu Tumurun, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Kamis, 13 Oktober 2022.

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta mendapat kunjungan dari Ombudsman RI pada Kamis pekan lalu. Kunjungan Ombudsman RI ini terkait upaya pencegahan maladminstrasi dalam penyelenggaraan pelayan publik pada ULD.

Kunjungan Ombudsman RI ini berlangsung kurang lebih selama 120 menit. Dalam pertemuan, anggota Ombudsman RI yang berjumlah lima orang disambut oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Budi Santosa Asrori, S.E., M.Si., Kepala ULD Drs Aris Widodo, M.Pd., Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Fajar Afrian, S.E., M.Ec.Dev., Kepala Sub Bagian TU ULD Dian Yunila Handayani, S.E., Staf Perencanaan Evaluasi dan Pelaporan Rizki Khurniasari, S.E., M.M., serta para staf ULD.  

Pertemuan ini banyak membahas terkait kerja ULD sebagai penyedia layanan disabilitas pendidikan di Kota Yogyakarta. Kepala ULD Drs. Aris Widodo, M.Pd., mengatakan bahwa lembaga seperti ULD sangat dibutuhkan untuk memfasilitasi pendidikan bagi ABK. Selain itu, kata dia, ULD telah memiliki sumber daya manusia yang siap memberikan layanan pendidikan tersebut.

“ULD menjadi mahal harganya bukan karena punya fasilitas seperti mobil dan lainnya, tapi karena sumber daya manusianya, psikolog-psikolog kami,” tutur Aris.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Budi Santosa Asrori, S.E., M.Si., menuturkan hadirnya ULD merupakan salah satu wujud tugas Dinas yang memberikan layanan pendidikan untuk semua. Dinas, kata dia, akan terus berupaya menjalankan layanan terbaik untuk mengembangkan potensi anak di Kota Yogyakarta.

“Tugas kami banyak, target kami juga. Banyak yang puas ada juga yang tidak. Tapi, intinya kami akan melayani lebih baik lagi,” tutur Budi.

Syafiul Hadi