Kunjungi ULD Wonosobo, ULD Yogyakarta Puji Realisasi Pendidikan Inklusi

Yogyakarta – UPT Layanan Disabilitas (ULD) Bidang Pendidikan dan Resource Center Kota Yogyakarta mengapresiasi realisasi pendidikan inklusi di Kabupaten Wonosobo. Pujian ini diberikan saat ULD Kota Yogyakarta berkunjung ke Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Wonosobo pada Kamis, 24 November 2022.

“ULD Kota Yogyakarta sangat mengapresiasi. Realisasi pendidikan inklusi paling cepat ya di Wonosobo ini,” ucap Kepala UPT ULD Kota Yogyakarta Drs. Aris Widodo, M.Pd., di Dindikpora Wonosobo, Kamis, 24 November 2022.

Aris mengatakan ULD Wonosobo menjadi unit layanan disabilitas yang bergerak cepat dalam merealisasikan pendidikan inklusi. Menurut dia, banyak daerah lain yang belum memiliki unit layanan disabilitas bidang pendidikan ini.

“ULD Kota Yogyakarta banyak mendampingi daerah-daerah, tapi yang secara cepat langsung terealisasi ya di Wonosobo,” kata Aris.

Menurut Aris, salah satu hal yang membuat cepatnya realisasi dan terbentuknya ULD di Wonosobo yakni semangat dalam menerapkan pendidikan inklusi. Selain itu, kata Aris, ULD Wonosobo juga memiliki tim yang sangat kreatif dalam realisasi ini.

“Ini juga setelah terbentuk langsung ada sosialisasi yang betul-betul ril dan sampai ke pelatihan-pelatihan pendidikan inklusi,” tutur Aris.

Kepala Dindikpora Kabupaten Wonosobo Drs. Tono Prihatono mengatakan daerahnya memang sedang berfokus pada pendidikan inklusi. Dia menuturkan kampanye pendidikan inklusi di Wonosobo sedang digencarkan agar seluruh elemen masyarakat paham mengenai hal tersebut.

“Kami mengambil langkah. Bahkan sekarang Bupati Wonosobo juga yang mengkampanyekan pendidikan inklusi,” ucap Tono.

ULD Wonosobo baru diresmikan pada 1 September 2022. ULD menjadi unit baru yang membidangi layanan disabilitas pendidikan di bawah Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Wonosobo.

Syafiul Hadi