Lomba Desain Poster bangun karakter Anti Korupsi sejak dini

Penguatan mutu Pendidikan di jenjang Sekolah Menengah Pertama merupakan pondasi yang sangat penting bagi jenjang yang lebih tinggi. Upaya penguatan pondasi tersebut harus ditempuh dengan mewujudkan pendidikan yang berorientasi pada peserta didik. Salah satu indikator peningkatan mutu pada suatu jenjang pendidikan adalah meningkatnya kemampuan peserta didik dalam hal kemampuan berpikir kritis, daya nalar, kreativitas, sikap dan budi pekerti peserta didik.

Hari anti Korupsi setiap tahunnya diperingati pada tanggal 9 Desember, hari itu dibuat untuk meningkatkan kesadaran tentang korupsi dan peran konvensi dalam memerangi dan mencegahnya. Dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta akan menyelenggarakan Lomba Desain Poster jenjang SMP/Mts dengan tema “Hari Anti Korupsi”.

Kegiatan ini diperuntukan bagi pelajar SMP/Mts Kota Yogyakarta yang memiliki minat dan bakat di dunia desain poster, untuk memberikan wadah kompetisi desain poster dan edukasi mengenai anti korupsi kepada generasi muda. Hal ini dilakukan guna mendorong para generasi penerus terkhusus pelajar SMP/Mts agar memiliki wawasan / pengetahuan yang luas, sehingga mampu memberikan manfaat serta dapat digunakan dalam membangun karakter diri yang baik sehingga dapat menjadi generasi penerus yang baik.

Tercatat 57 Peserta telah mendaftar dari perwakilan SMP/Mts se-Kota Yogyakarta, sebelum pelaksanaan lomba Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta menyelenggarakan pembinaan secara daring untuk peserta agar menambah wawasan serta lebih siap dalam mengikuti lomba. Dalam pembinaan ini menghadirkan narasumber yang berkompeten dibidang Desain Poster yaitu Dr. Hajar Pamadhi, M.A. dari Universitas Negeri Yogyakarta, Andi Purnawan Putra, M.Pd dari STPI Bina Insan Mulia dan Gunawan, M.Pd. dari SMSR Yogyakarta.

Lomba dilaksanakan di kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan olahraga pada hari Sabtu tanggal 3 Desember 2022

Puncak acara Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia 2022 pada hari Jum’at tanggal 9 Desember 2022 dilaksanakan di komplek balaikota Yogyakarta, beberapa kegiatan yang berlangsung diantaranya Yogowes dalam rangka Peringatan HAKORDIA 2022, dilanjutkan penyerahan hadiah dan trophy Lomba Desain Poster dalam rangka HAKORDIA dan pameran hasil karya Desain Poster 20 peserta terbaik.

Pembacaan Deklarasi Anti Korupsi oleh Bapak PJ Walikota Yogyakarta Sumadi, S.H., M.H. diikuti oleh seluruh kepala OPD, Mantri Pamong Praja 14 Kemantren, serta para undangan dan masyarakat yang turut serta hadir dalam kegiatan ini.

Prosesi penyerahan trophy dan hadiah kepada pemenang Lomba Desain Poster dalam rangka Hari Anti Korupsi diberikan secara langsung oleh bapak PJ Walikota kepada seluruh pemenang.
Sebagai Juara 1 Rafa Muhammad Fazha dari SMP N 14 Yogyakarta; Juara 2 Khayla Griselda Annovian dari SMP N 6 Yogyakarta; Juara 3 Gregorius Dwi Agung Nugroho dari  SMP Joannes Bosco Yogyakarta; Juara Harapan 1 Diacita Satya Gandi dari SMP N 16 Yogyakarta; dan Juara Harapan 2 Irfan Rizky Permana Putra dari SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta.

Pameran karya desain poster 20 peserta terbaik ditampilkan disepanjang jalan, pengunjung dapat menyaksikan dan berfoto di depan karya tersebut. (AN)