Guru Penggerak dikukuhkan oleh Kepala Dindikpora

Yogyakarta- Bertempat di Benteng Vredeburg dilaksanakan Pengukuhan Guru Penggerak Angakatan 5, Acara  diawali dengan pemutaran video singkat perjalanan dari Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 5 Kota Yogyakarta. Kemudian dilanjutkan dengan penampilan 2 orang guru penggerak, yaitu Ibu Veronika Hermi Hastuti dan Bapak Chandra Adhi Putra menyanyikan sebuah jingle berjudul “Guru Penggerak” karya dari Ibu Veronika Hermi Hastuti. Selajutnya, Bapak Chaerul Arifin Andjarwoto sebagai pembawa acara  membuka acara Pengukuhan dan Launching Guru Penggerak Angkatan 5 Kota Yogyakarta. Tak lupa acara diisi dengan menyanyikan Lagu “Indonesia Raya” dan Mars “Guru Penggerak.

Penyampaian laporan kegiatan pengukuhan dan gambaran singkat proses pendidikan guru penggerak Angkatan 5 Kota Yogyakarta oleh Anas Nugroho selaku ketua panitia kegiatan sekaligus ketua komunitas guru penggerak kota Yogyakarta. Dalam laporannya Anas menyampaikan jumlah guru yang dikukuhkan menjadi guru penggerak dan juga rencana program yang ingin dilakukan guru penggerak untuk bersinergi memajukan pendidikan di Kota Yogyakarta.

Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan pemaparan tentang “Peran guru penggerak dalam memajukan Pendidikan Kota Yogyakarta” oleh Kepala BBGP DIY. Kepala Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) DIY yakni Dr. Adi Wijaya, S.Pd. M.A. dalam paparan materinya Dr. Adi memberikan pemaparan yang lebih mendalam terkait peran dan nilai guru penggerak yang bisa dimanfaatkan oleh dinas yang bersangkutan guna meningkatkan kualitas pendidikan. Bapak Kepala BBGP DIY juga turut menyampaikan berbagai program dari BBGP yang dapat bersinergi dengan guru penggerak serta memberikan beberapa saran untuk dinas terkait dalam pemberdayaan.

Selain itu Kepala Dikpora Kot Yogyakarta menyampaikan tentang “Pemberdayaan Guru Penggerak Kota Yogyakarta” sekaligus Pengukuhan Guru Penggerak Angkatan 5 Kota Yogyakarta. Dalam paparan materinya Budi Santosa Asrori, S.E., M.Si menyampaikan dukungan dalam pemberdayaan guru Penggerak Kota Yogyakarta. Beliau juga menjelaskan, “Urgensi peran guru dalam peningkatan kualitas pendidikan di Kota Yogyakarta. setelah selesai paparan materinya dilakukan pengukuhkan 49 guru penggerak dari Kota Yogyakarta. Secara simbolis beliau menyerahkan sertifikat pada perwakilan guru TK, SD dan SMP, dilanjutkan penyerahan pada guru penggerak tingkat SMA/ SMK oleh koordinator pengawas dari balai pendidikan menengah Kota Yogyakarta.

Acara diakhiri dengan doa bersama yang dipimpin Dwi Purnomo salah seorang guru penggerak Angkatan 5 Kota Yogyakarta, kemudian acara Pengukuhan dan Launching Guru Penggerak Angkatan 5 Kota Yogyakarta diakhiri dann ditutup dengan foto bersama.(GP)