KOTA YOGYAKARTA GELAR FESTIVAL LOMBA SENI SISWA NASIONAL JENJANG SD/MI TAHUN 2023

Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) adalah salah satu program kegiatan pengembangan prestasi yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah memberikan pengalaman berkompetisi untuk mencapai SDM yang unggul di bidang seni serta meningkatkan kreativitas peserta didik dalam bidang seni  yang berakar pada budaya bangsa. Kegiatan FLS2N Jenjang SD juga dapat dijadikan sebagai Penguatan Pendidikan Karakter bagi peserta didik yang bertujuan agar mempunyai kompetensi tinggi, baik hardskills maupun softskills. Penguasaan kompetensi di bidang lomba bisa menjadi bekal dalam bidang jasa yang produktif dan bernilai ekonomi. Latihan dan olah seni dapat menumbuhkan kreativitas dan ekspresi yang kuat bagi peserta didik. Dengan olah seni kehalusan rasa dan harmonisasi antara wacana dan fakta diasah menjadi suatu kreativitas yang memperkuat kecakapan peserta didik dalam kepekaan, kepedulian dan toleransi. Melalui FLS2N diharapkan mampu menguatkan karakter dan kepribadian peserta didik, tidak hanya termotivasi untuk maju dan percaya diri tetapi menjadi pribadi yang santun, ramah, tegas dan berbudi pekerti luhur.

Kegiatan FLS2N yang diikuti oleh peserta didik pada Jenjang SD/MI dengan persyaratan dan ketentuan telah ditetapkan oleh pusat. FLS2N SD tahun 2023 di Tingkat Kota Yogyakarta telah dilaksanakan pada tanggal 20 Mei 2023 bertempat di SMP Budya Wacana Jalan Bung Tardjo No 11 Yogyakarta. Lomba terdiri dari 5 (lima) cabang seni, yaitu: Menyanyi Solo, Gambar Bercerita, Seni Tari, Pantomim dan Kriya dilaksanakan pada tanggal 20 Mei 2023 di SMP Budya Wacana Yogyakarta. Peserta tingkat Kota Yogyakarta merupakan perwakilah hasil seleksi masing-masing wilayah dan seleksi PPMBI (Program Pembinaan Minat dan Bakat Istimewa) bidang seni.  

Kejuaraan diambil dengan nilai 3 (tiga) tertinggi. Juara 1 dan 2 akan mewaliki Kota Yogyakarta untuk maju tingkat DIY yang rencananya akan dilaksanakan tanggal 1 Juli 2023.