Mengenal lebih dekat SD N Jetis 1 Yogyakarta melalui Buletin Sekolah “PAMBUDI”

SD Negeri Jetis 1 Yogyakarta merupakan salah satu sekolah dasar yang terletak di Jl. Pasiraman no 2, Cokrodiningratan, Yogyakarta. Sekolah ini merupakan sekolah dasar yang memulai menerbitkan buletin sebagai bentuk dari karya kreativitas warga sekolah. Buletin tersebut terbit berawal dari adanya perpustakaan sekolah. Perpustakaan yang merupakan sarana pendukung dan penunjang siswa dalam mengembangkan, mengolah, dan menemukan informasi sebagai awal mula tujuan perpustakaan untuk mendekatkankan pada layanan informasi disegala bidang termasuk informasi sekolah. Berawal dari salah satu tujuan perpustakaan untuk memberikan layanan informasi di segala bidang maka terbitlah buletin bertajuk “PAMBUDI” yang merupakan salah satu wadah untuk menampung segala kreativitas dari siswa dan guru SD Negeri Jetis 1.

Buletin “PAMBUDI” ternyata memiliki arti yaitu Pancasila Amanah Berbudi  Ulet Digdaya dan Intelektual. Buletin “PAMBUDI” memuat informasi kegiatan di SD Negeri Jetis 1 yang dikemas secara menarik dan berbagai kreativitas siswa dalam bentuk karya tulisan maupun berupa gambar. Terbit disetiap bulan, buletin “PAMBUDI” menjadi salah satu sarana informasi yang dapat dibaca dan dinikmati oleh khalayak umum. Buletin “PAMBUDI” menunjukkan bahwa terdapat banyak kegiatan yang dilaksanakan di SD Negeri Jetis 1 mulai dari fashion adiwiyata, dimana menunjukkan bahwa SD Negeri Jetis 1 merupakan sekolah cinta lingkungan, ringkasan kegiatan MPLS, galeri rapat, segala kegiatan GSM (Gerakan Sekolah Menyenangkan). Melalui buletin PAMBUDI kita mengetahui bahwa SD Negeri Jetis 1 adalah satu dari sekian banyak sekolah yang melaksanakan program GSM sebagai program unggulan dalam melaksanakan pendidikan.

Buletin “PAMBUDI” juga menjadi media untuk siswa menuangkan segala kreativitas dalam bentuk tulisan dan segala bentuk prestasi siswa-siswi SD Negeri Jetis 1. Seperti yang termuat dalam buletin edisi Juli terdapat beberapa karya siswa yang dinamakan “kaya dalam karya” adapun karya ini bermacam bentuknya seperti puisi, gambar sketsa, komik pendidikan dan cerita bersambung. Selain itu, buletin “PAMBUDI” ini juga menyediakan games TTS yang dapat dimanfaatkan untuk mengasah kemampuan siswa. Buletin sekolah yang diterbitkan oleh SD Negeri Jetis 1 merupakan sebuah karya tulis yang bagus serta  perlu dipertahanakan. Pembuatan buletin sekolah milik SD Negeri Jetis 1 ini dapat dijadikan sebagai contoh oleh sekolah lain untuk menyediakan informasi dan memberikan wadah bagi siswa untuk menyalurkan minat dan bakatnya dalam membuat sebuah karya tulis.

Semoga menginspirasi...