Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca

Hari kunjung perpustakaan yang jatuh pada tanggal 14 September 2023 serta Bulan Gemar Membaca pada bulan September pada mulanya bermula dari Surat Kepala Nasional RI Nomor 020/A1/VII/1995 tentang Usulan Pencanangan Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca yang ditujukan kepada Presiden Soeharto pada tanggal 11 Agustus 1995. Surat tersebut kemudian diresmikan Presiden Seoharto pada tanggal 14 September 1995.

Perancangan Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca ini tidak luput dari ide Kepala Perpustakaan Nasional pertama yakni, Mastini Hardjoprakoso. Hari peringatan kunjungan dan bulan gemar membaca ini diadakan dengan tujuan meningkatkan minat masyarakat di perpustakaan. Selain itu Hari Kunjung Perpustakaan ini juga dirayakan untuk menyebarkan budaya literasi untuk generasi bangsa Indonesia. Hal ini dapat diwujudkan dengan menyelenggarakan berbagai kegitan literasi seperti halnya yang dilaksanakan oleh Perpustakaan Kota Yogyakarta.

Perpustakaan Kota Yogyakarta turut merayakan Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca dengan mengadakan kegiatan expo yang melibatkan beberapa sekolah beserta beberapa siswa. Kegiatan ini diisi dengan berbagai rangakaian acara, salah satunya adalah bercerita yang dibawakan oleh siswa sekolah dasar. Dalam kegiatan ini turut dihadiri oleh Sekda Kota Yogyakarta Ir. Aman Yuriadiiava MM. Beliau juga tutur memberikan sambutan dalam acara ini.