Pengukuhan Kelompok Kerja Kepala Sekolah Masa bakti 2023-2026

Yogyakarta – Upacara Pengukuhan Kelompok Kerja Kepala Sekolah atau KKKS di wilayah Kota Yogyakarta dilaksanakan pada tanggal 12 Oktober 2022. Kegiatan ini mengundang Bapak Kepala Dinas,  Ibu Sekretaris Dinas, dan pejabat struktural serta Kepala SD/MI yang berjumlah 169 sekolah.

Berdasarkan Lampiran 1, Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta, nomor 100.3/400, ditandatangani tanggal 1 September 2023 memutuskan kepala sekolah-kepala sekolah berikut ini sebagai pengurus Kelompok Kerja Kepala Sekolah masa bakti 2023-2026 sebagai berikut, Ketua : Sutarji, S.Pd., M.Pd. (SD Negeri Keputran A), Wakil Ketua : Muryanto, S.Pd. (SD Negeri Pakel), Sekretaris Giyoto, S.Pd.,M.Pd. (SD Negeri Lempuyangan 1) dan Sri Haryati, S.Pd. (SD Negeri Widoro), Bendahara : Wiwied Sawitri, S.Pd., M.Pd. (SD Negeri Bener)d an Sri  Wahyuni, S.Pd. (SD Muhammadiyah Wirobrajan 1), Koordinator Bidang Peningkatan Mutu Pendidikan : Dwi Atmi Sutarini, S.Pd., M.Pd. (SD Negeri Pujokusuman 1) dan Saijan, S.Ag., M.SI. (SD Muhammadiyah Nitikan), Koordinator Bidang  Olahraga dan Seni : Sri Wahyuni, S.Pd., M.Pd. (SD Negeri Kotagede 4) dan Esti Kartini, S.Pd.(SD Negeri Lempuyangwangi).

Kelompok Kerja Kepala Sekolah atau KKKS di wilayah kota Yoyakarta merupakan wadah bagi para kepala sekolah dalam berdiskusi dan menindaklanjuti kebijakan-kebijakan dari Dinas Pendidikan ketika bersinggungan dengan organisasi atau lembaga lain. Peran strategis yang dimiliki oleh kepala sekolah dalam menjaga mutu sekolah sangat erat kaitannya dalam  mempertahankan predikat Kota Yogyakarta sebagai kota pendidikan yang berkualitas.Untuk itu dalam rangka mendukung kemajuan pendidikan, Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) menjadi salah satu lembaga yang sangat potensial. KKKS yang telah terbentuk, menjadi andalan efektifitas pihak dinas pendidikan dalam menjalankan kebijakannya. Sehingga kepengurusan KKKS harus dikuatkan melalui pengukuhan secara resmi. Selain itu, salah satunya agar peran efektifitas KKKS terus berkelanjutan, perlu mmenyiapakan regenerasi sebagai pengurus selanjutnya.

Ada beberapa manfaat terbentuknya Kepengurusan Kelompok Kegiatan Kepala Sekolah (KKKS) dalam mendukung menyelenggarakan proses belajar mengajar di sekolah, antara lain sebagai berikut :

  1. Meningkatkan mutu pendidikan di sekolah serta meningkatan sumber daya manusia dengan mengoptimalkan tenaga yang profesional sebagai ujung tombak pelaksanaan berbagai kegiatan di tingkat Sekolah Dasar di Kota Yogyakarta .
  2. Meningkatkan kompetensi dalam peenyelenggaraan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan serta pengelolaan manajemen sekolah.
  3. Mendukung optimalisasi sebagai tindak lanjut adanya kebijakan-kebijakan dari Dinas Pendidikan ketika bersinggungan dengan organisasi atau lembaga lain.