Komunitas Belajar

Komunitas Belajar (Kombel) adalah sekelompok guru, tenaga kependidikan, dan pendidik lainnya yang memiliki semangat dan kepedulian yang sama terhadap transformasi pembelajaran melalui interaksi secara rutin dalam wadah di mana mereka berpartisipasi aktif.

Pada Implementasi Kurikulum Merdeka, Komunitas Belajar mendukung guru, tenaga kependidikan dan pendidik lainnya untuk dapat mendiskusikan dan menyelesaikan berbagai masalah pembelajaran yang dihadapi.

Seiring dengan Implementasi Kurikulum Merdeka, di SMP Negeri 2 Yogyakarta sudah membentuk Komunitas Belajar yang diberi nama Seimora yang merupakan singkatan dari Sinau Bareng SMP Negeri 2 Yogyakarta. Seimora berkegiatan seminggu sekali dengan pembahasan yang berbeda sesuai dengan kebutuhan guru, mengedukasi anggota komunitas dengan mengumpulkan dan berbagi informasi terkait pertanyaan dan masalah terkait praktik, memfasilitasi anggota komunitas untuk terus belajar, mendorong peningkatan kompetensi anggota lewat diskusi dan sharing, serta mengintegrasikan pembelajaran yang didapatkan yang semuanya bertujuan untuk memberikan pembelajaran yang terbaik bagi kesejahteraan dan kebahagiaan para siswa dalam meraih cita-cita.

Pada hari Jumat, 27 Oktober 2023, bertempat di ruang AVA SMP Negeri 2 Yogyakarta, Retna Wuryaningsih Pengawas Sekolah Dindikpora Kota Yogyakarta mendampingi Orbantari Dwi Santosawati selaku Kepala SMP Negeri 2 Yogyakarta dalam kegiatan komunitas belajar. Narasumber kali ini Della Amalia Septiany guru TIK berbagi materi dan melatih bapak ibu guru dalam memanfaatkan CANVA, sesuai dengan kebutuhan guru agar dapat memberikan tampilan yang menarik dalam pembelajaran dan juga dalam menyiapkan aksi nyata.

Dalam praktik CANVA yang disampaikan oleh Della mempelajari tentang pembuatan presentasi, video, flyer, LKPD. Retna juga mendorong guru-guru untuk memaksimalkan Platform Merdeka Mengajar (PMM). Kepala Sekolah dan guru sangat antusias dan semangat dalam kegiatan ini.. Hasil dari kegiatan pembuatan media menggunakan CANVA ini dikirim di drive dan bagi guru yang berhasil membuat dengan baik akan mendapat apresiasi dari Kepala Sekolah. Terakhir Retna juga mengapresiasi SMP Negeri 2 Yogyakarta yang tahun ini sudah menerapkan Implementasi Kurikulum Merdeka dengan Pilihan ke-3 Mandiri Berbagi (Retna W)