Apresiasi Peningkatan Capaian Rapor Pendidikan Jenjang SMP/MTs 2023

Bertempat di ruang Condro Kinasih Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta, Pada hari Kamis, 2 November 2023 diadakan penyerahan apresiasi peningkatan capaian rapor Pendidikan jenjang SMP/MTs Tahun 2023. Dihadiri oleh Kepala  BPMP DIY, Kadindikpora, Kabid Pembinaan SMP dan Staf, Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah dari 58 SMP dan 7 MTs Kota Yogyakarta. Acara inti laporan oleh Hasyim selaku Kepala Bidang Pembinaan SMP, menyampaikan bahwa secara umum capaian Kemampuan Literasi, Kemampuan Numerasi, dan Karakter di SMP/MTs Kota Yogyakarta pada tahun 2023 mengalami peningkatan dengan predikat baik.

Dilanjutkan dengan pengarahan dari Budi Santosa Asrori selaku Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Budi sangat mengapresiasi capaian yang sudah diraih serta mengajak kepada semua sekolah dalam berkomitmen untuk menindaklanjuti rapor pendidikan dengan melakukan Identifikasi, Refleksi dan Benahi (IRB) sehingga menjadi siklus perbaikan yang terus-menerus dilakukan sekolah. Selain itu sekolah terus diminta mengoptimalkan penggunaan akun belajar.id, lebih rajin mengakses Platform Merdeka Mengajar (PMM) sampai dengan menghasilkan karya nyata, mengupdate ARKAS dan memastikan sekolah sudah menyusun dan mengupload Tim Pencegahan dan Penanganan Kekerasan (TPPK) Satuan Pendidikan. Budi juga berpesan agar sekolah selalu menciptakan lingkungan yang bersih hijau agar siswa aman dan nyaman dalam belajar.

            Dalam kegiatan ini juga dihadiri oleh Eko Sumardi selaku Kepala Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP). Eko sangat mengapresiasi yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga dalam setiap kegiatan. SD dan SMP Kota sudah memanfaatkan rapor Pendidikan dan menindaklanjuti, SMP yang sudah mengunggah TPPK dan valid sudah lebih dari 99%. Eko juga mengajak agar sekolah-sekolah selalu mengadakan perubahan-perubahan agar mutu layanan semakin baik. Mari ciptakan budaya “Rukun Santun”.

            Pada apresiasi kali ini dibagi menjadi beberapa kategori upaya sekolah  mengoptimalkan proses pembelajaran sehingga meningkatkan capaian 1) skor literasi, numerasi dan karakter; 2) skor literasi dan numerasi;  3) skor literasi dan karakter; 4)  skor numerasi dan karakter 5) skor literasi; 6) skor numerasi, 7) skor karakter dalam Raport Pendidikan Kementerian Pendidikan Kebudayaaan Riset dan Tekhnologi Tahun 2023. Kesuksesan adalah hasil dari kesempurnaan, kerja keras, belajar dari pengalaman, loyalitas dan kegigihan. (Retna W).