HUT Kota Jogja di SDN Baluwarti

Bulan Oktober merupakan bulan yang penuh kebahagiaan bagi warga Kota Yogyakarta, begitu juga SD Negeri Baluwarti yang sudah merindukan kehadirannya.

Ada apakah di Bulan Oktober? Ada banyak peristiwa kebahagiaan tertanam di sana, salah satunya hari kesaktian Pancasila, kedua Hari Ulang Tahun Yogyakarta, masih ada lagi merupakan bilan Bahasa dan hari Sumpah Pemuda.

Zulikhatun Nusroh kepala sekolah beserta guru karyawan, siswa dan komite mengucapkan selamat ulang tahun kota Yogyakarta, Rikat, Rakit dan Raket. Kami melaksanakan apel pagi memyambut HUT Kota Yogyakarta, berdoa Bersama untuk Kota Yogyakarta dan membacakan amanat dari PJ Walikota Yogyakarta Ir.  Sugeng Purwanto, MMA.

Isi dari amanat tersebut : tanggal  7 (tujuh) Oktober 1756 (seribu tujuh ratus lima puluh enam) merupakan hari yang mempunyai atau mengandung nilai sejarah yang tinggi. Pada hari ini, Pangeran Mangkubumi yang kemudian dikenal dengan nama Sri Sultan Hamengkubuwono I (untuk pertama kalinya) berangkat dari Keraton Ambarketawang menuju Keraton Garjitowati, tempat berdirinya Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Kemudian pada tanggal 7 Oktober ditetapkan sebagai hari berdirinya Kitha Ngayogyakarta.

Selain usianya yang telah mencapai 268 tahun, sejak berdirinya Kitha Ngayogyakarta telah memberikan beberapa aspek kehidupan.a diantaranya :

Kami juga menyampaiakn amanat upacara tersebut dengan tema Rikat, Rakit dan Raket.

Rikat" menggambarkan kehidupan masyarakat Kota Yogyakarta  juga warga sekolh SD Negeri Baluwarti yang selalu bergerak dan bekerja cepat. "Rakit" berarti proses saling melengkapi dan menyempurnakan. "Raket" mencerminkan kebersamaan yang saling mendukung. Filosofi ini menjadi doa dan harapan bagi seluruh warga dalam mewujudkan Yogyakarta  dan SD Negeri Baluwarti yang lebih baik

Tak lupa kami ucapkan kepada Bapak/Ibu guru, karyawan dan komite sekolah yang ikut mendukung kegiatan yang membahagiakan ini dengan  sangat senang dan antusias dalam melaksanakan semua rangkaian kegiatan HUT Kota Yogyakarta yang ke 268.

Semoga kedepannya kita tetap bersinergi dalam melaksanakan kegiatan sekolah.

SDN Baluwarti memperingati HUT Kota Yogyakarta ini dengan berbagai kegiatan diantaranya pawai keliling kampung Basen Purbayan Kotagede yang masih dilingkup sekolah dengan pakaian tradisional gagrak Ngayogyakarta, bertujuan untuk menanamkan rasa kebersamaan, membentuk kesadaran sosial, memberikan semangat belajar siswa, semangat gotong royong agawe majuning Ngayogyakarta.

 Dilanjutkan dengan kegiatan Lomba Tumpeng perkelas yang diseponsori oleh para walimurid . ini bertujuan  melatih siswa untuk performance,  berani tampil di depan umum untuk mempresentasikan bahan, cara masak, manfaat dari semua menu yang ada ditambir yang mengelilingi nasi tumpeng serta makna nasi tumpeng itu sendiri di dalam adat jawa terutama di Daerah Istimewa Yogyakarta.